Saturday, February 13, 2016

Mesin Waktu, Spion.

    Hal yang paling menyenangkan dari 'memiliki sahabat dekat' (dekat rumah dan hati) adalah kita selalu punya waktu luang untuk berbagi cerita tak perlu begitu repot untuk cari tempat ketemuan tapi bisa saling mengunjungi satu sama lain. Memiliki sahabat dekat ialah sangat menyenangkan untuk saling bertanya satu sama lain, untuk menjawab satu sama lain, untuk tertawa satu sama lain, untuk mengejek diri sendiri kemudian tertawa, untuk menertawakan masalah yang ada kemudian tertawa lagi. Menyenangkan rasanya bisa bercengkrama dengan waktu, yang mungkin letih menunggu kami yang selalu asik mengobrol tanpa memperdulikannya. Waktu merasa diacuhkan oleh kami, begitu pikirku. 
     Tak ada yang bisa putar waktu, namun, dengan sahabat, apa yang tak bisa kita nostalgiakan? memiliki sahabat, teman dekat, teman lama dan segala jenis pertemanan yang ada..... mereka seperti mesin waktu bagiku; pencinta alam dulu. Aku senang melihat masa lalu, aku selalu bahagia saat melihatnya, karna yang ku ingat hanya ingatan-ingatan baik. Aku merasa menjadi lebih baik. 
     Spion! Mereka adalah spion. Banyak orang yang bilang agar melihat spion harusnya tak sering-sering. Baru-baru ini aku sadar, saat sedang mengemudi, jika objek terlalu dekat dengan kendaraan ku, aku tak akan bisa melihatnya di spion. Aku sedikit kaget ketika melihat spion kiri yang kosong, namun ketika ku menoleh ke kiri, ada motor di sisi kiri mobilku. Sangat dekat. 
Aku hanya bisa melihat objek yang jauh melalui spion. Satu hal yang membuatku sadar bahwa melihat spion esensinya bukan hanya pada 'melihat'nya saja, melainkan ada jarak, ada ruang, ada waktu didalamnya dan faktanya kita berada di depan objek tersebut. Katakanlah kenangan, memori. Senang rasanya memiliki jarak hingga aku bisa melihatnya lebih nampak dari jauh meskipun tidak begitu jelas. Ketika kami menceritakan kembali apa saja masalah-masalah hidup yang telah kita lalui, yang terkadang saat melaluinya bahkan kami tidak saling bercerita dan berusaha menyelesaikannya sendiri, pada akhirnya kami akan mengetahuinya satu sama lain, yang kami lakukan adalah menertawakan diri sendiri, menghujat diri sendiri, kemudian tertawa kembali. Masalah-masalah tersebut kami telah lalui bersama maupun secara masing-masing. Menceritakannya kembali menandakan kami telah memiliki jarak antara diri kami yang sekarang dan kejadian-kejadian itu. Setiap orang harus memiliki spion dalam hidup. Harus! Karena aku bahagia memiliki spion. Spion adalah mesin waktu yang ternyata ada. Bukan untuk mengulang, setidaknya menjembatani. 



1 comment:

  1. Wow info yang menarik kak.. kalau ingin tahu tentang cara membuat website gratis yukk disini saja.. terimakasih

    ReplyDelete