Friday, January 9, 2015

Begini...

Saya semeseter 3 dan baru mengikuti kelas Kewarganergaraan beberapa kali pertemuan. Saya suka dosennya, dia sudah cukup tua, ia suka bercerita tentang pengalaman hidupnya, dan menurut saya itu menarik. 
Suatu ketika ada yang menarik perhatian saya. Saya duduk dibarisan terdepan di kelas. Ada teman sekelas saya yang terlambat masuk kelas dan bertanya pada dosen yang pada saat itu sedang mengajar dan pembicaraan kita terpotong karena kehadirannya yang baru saja memasuki ruangan kelas. 
Mahasiswa yang terlambat bertanya, "Pak saya boleh masuk?"... "Ya masuk saja.... " ia terdiam sejenak lalu bersuara kembali "Kenapa sih orang-orang menayakan hal yang sebenernya mereka tidak ingin mendengar jawabannya...." 
Lalu beliau memberikan penjelasan. Jadi maksudnya adalah banyak gitu orang yang seharusnya gak menanyakan pertanyaan yang mereka tanyakan. Dari pertanyaan si telat itu kan jelas ya dalam hatinya pasti dia  menginginkan satu jawaban yaitu, "Ya boleh". Kalau bertanya seperti itu kamu memberikan saya 2 pilihan tandanya. "Kamu boleh masuk dan tidak boleh masuk. Kalau kamu benar-benar ingin masuk, ya masuk saja. Perihal saya izinkan atau tidak toh nanti saya akan berkata lagi kalo kamu tiba-tiba masuk dan tidak saya izinkan duduk."

Jangan memberi pilihan kepada orang dengan bertanya saat yang kamu ingin dengar jawabannya hanya satu.  

Kesimpulannya adalah saya mahasiswi yang rajin dan berjiwa nasionalis yang tinggi karena duduk terdepan di kelas Kewarganegaraan. Kelas pagi lagi jam 9. IHIK 

#CeritaPenting
#CeritaAsyig
#CeritaSeru

No comments:

Post a Comment